Rabu, 24 Maret 2010

Warung Nasi Ampera

Lezatnya Makanan Sunda Kampung!

Kalau soal makanan Sunda, Warung Nasi Ampera juaranya... Itulah kesimpulan dari duo Bakpao-Buncit setelah puluhan kali menyantap menu makanan yang ditawarkan Ampera. Warung Nasi Ampera menjadi salah satu warung makan wajib yang selalu dikunjungi duo Bakpao-Buncit.

Sebenarnya, Warung Nasi Ampera berasal dari Bandung, Jawa Barat. Sukses menggaet pelanggan di seputar Jawa Barat, Ampera kemudian menyasar ibukota Jakarta. Lagi-lagi, sukses menyertai warung nasi asli Sunda ini.

Biasanya, Bakpao-Buncit makan di Ampera yang letaknya di Jalan Sabang, Jakarta Pusat. Mau tau kenapa??! Ya, pastinya karena dekat dari kantor. Hihihi...

Pokoknya sudah nggak terhitung lagi berapa kali Bakpao-Buncit makan di Ampera. Bahkan, saat berbuka puasa pada bulan Ramadhan, Bakpao-Buncit hobi berbuka di Ampera.

Menu yang biasa dipesan Buncit, tentunya ayam goreng kampung, babat goreng, tahu atau tempe goreng, oncom leunca, dan tentunya lalapan beserta aneka ragam sambal (catatan : sambal dan lalapan gratis sepuasnya lohh).

Sedangkan si Bakpao yang anti makan daging, pastinya akan memesan sayur asam yang dipadu dengan pepes tahu. Kadang-kadang sih sama sayur toge yang dicampur tahu. Meski menu makanannya sederhana dan sangat kampungan, tapi rasanya begitu menggelegar. Justru tipe makanan kampung seperti ini yang disuka si Buncit.

Biasanya, Bakpao-Buncit memilih tempat duduk di lantai atas. Ya, seperti biasa karena alasannya bebas merokok (gile aje lo, abis makan trus nggak merokok?! Kagak mantabh banget tuuuh).

Tiap kali Bakpao-Buncit makan di Ampera pasti selalu dibarengi dengan kucuran keringat yang begitu deras. Berbagai sambal, yang bisa diambil sepuasnya, sangaaaaaat pedas!! Karuan saja, keringat mengucur deras. Apalagi di lantai atas yang memiliki AC kacrut. Wakakakaka... AC sekitar 4 biji yang dipasang di lantai atas, kagak ada anginnya. “Kayaknya sih AC di situ cuma pajangan aja,” ujar Buncit menduga-duga. Ruangan sudah gerah ditambah lagi dengan pedas sambal yang pun ampun..!! Jadilah butiran keringat di sekujur tubuh ini.

Tapi, itu semua bikin Bakpao-Buncit ketagihan. Minimal dalam sebulan, duet maut ini selalu makan di Ampera.

Pernah suatu ketika, Bakpao-Buncit berwisata ke kota Bandung. Tepatnya di jalan Cihampelas. Waktu itu, malam-malam perut terasa begitu lapar. Bingung mau makan di mana?! Akhirnya duo keriwil ini memutuskan untuk makan di Ampera yang letaknya di jalan Cihampelas (mengingat lezatnya makanan Ampera di Jakarta, Bakpao-Buncit berharap Ampera Cihampelas juga sama lezatnya). Dari situ, Bakpao-Buncit tersadar bahwa rasa makanan di Ampera beda-beda loh antara satu dengan yang lain. Soalnya, saat makan sayur asem di Ampera Cihampelas, rasanya beda banget sama Ampera Sabang. Justru, lebih enak Ampera Sabang (lah, kok malah enakan yang di Jakarta ya??!).

Meski begitu, Warung Nasi Ampera tetaplah menjadi nomor wahid soal makanan Sunda. Harganya juga nggak terlalu mahal, kok. Biasanya, dengan menu yang sudah disebutkan di atas tadi, Bakpao-Buncit cuma mengeluarkan uang nggak lebih dari Rp 50 ribu. Murah, kan?! Mengingat sambal dan lalapan bisa diambil sepuasnya. Ayo, cintai makanan asli dalam negeri!

Buncit Recommendation...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar