Selasa, 06 Oktober 2009

Mie Ayam Depan Bank Danamon (Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat)


Sate Madura, udah pasti jadi jaminan lezatnya sebuah masakan. Tapi orang Madura yang satu ini justru bukan menemukan kesuksesan sebagai seorang pedagang sate. Dia bisa meramu mie ayam, yang menurut si Buncit lumayan enak. Mieeeee ayaaaam (dengan gaya teriak gaya sateeee khas orang Madura)…

Sejak si Buncit pindah kerja ke gedung Bimantara (sekarang HighEnd Building, Red), mie ayam itu udah menjadi langganan. Ya minimal seminggu, 2 atau 3 kali makan. Awalnya, si Buncit bingung tuh bapak si tukang mie ayam kok nggak ngikutin jejak para nenek moyangnya yang jadi tukang sate ya. Kok pede amat dia jadi tukang mie ayam. Tapi setelah nyobain rasa mie ayam bikinan bapak itu, ternyata lumayan enak loh.

Bumbu minyak dan mie yang direbus bikin perpaduan rasa yang ciamik. Mie-nya sangat terasa pas matangnya. Setau Buncit, sebagian tukang mie ayam sering kecolongan saat memasak mie. Mereka terkadang terlalu lama mendiamkan gumpalan mie itu di dalam panci. Akibatnya, mie jadi terlalu mateng dan lembek saat dikunyah di mulut. Tapi si Bapak Madura (maaf, walaupun Buncit udah 3 tahun sering makan mie ayam depan Danamon, tapi nggak pernah tau nama bapak yang perawakannya mirip pelawak Alm. Gepeng itu..hehehe..) itu cukup cekatan dalam memasak mie. Bener-bener pas matengnya.

Bukan cuma itu aja ya, perpaduan bumbunya juga terasa gurih di lidah. Nggak keasinan, pokoknya bener-bener pas deh. Satu atau dua sendok sambel sebagai penambah semakin memantapkan rasa mie ayam Madura itu. Apalagi ditambah dengan pangsit goreng yang renyah (Buncit suka nyolong pangsit goring ini kalo udah selesai makan mie ayam ini..).

Tukang mie ayam ini gak punya warung buat menetap. Dia Cuma mangkal setiap sore dari jam 5, sampe malem sekitar jam 9 malem. Jangan bilang-bilang ke Pol PP ya, soalnya tukang mie ayam ini Cuma mangkal di trotoar persis di depan Bank Danamon, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Trotoar yang biasa buat jalan kaki, hampir susah dilewati kalo Anda melewati trotoar depan Bank Danamon. Pasalnya, setiap sore, kerumunan orang udah mulai terlihat. Mereka biasanya sudah mengantri membeli mie ayam buat mengganjal perut sebelum pulang ke rumah.

Dengan harga Cuma Rp 7000, mie ayam ini tergolong murah. Dengan semangkuk mie ayam yang dilengkapi dengan ayam, bakso (biasanya si Buncit dapet tambahan potongan ayam dan bakso dari si Bakpao yang vegetarian…hehehe), pangsit basah dan pangsit goring, perut ini perlahan tapi pasti mulai bentrok dengan celana yang terasa makin ketat.

Biasanya pasangan Buncit dan Bakpao sengaja makan mie ayam ini tiap jam 5 sore menjelang maghrib. Dua keriwil ini pun harus sigap mencari dua bangku plastic kosong berebut dengan beberapa orang lainnya. jika beruntung, Buncit dan Bakpao makan mie ayam sambil melihat lalu lalang kendaraan di jalan Kebon Sirih yang macet saat jam pulang kantor (sambil dengan congkak bilang dalam hati; “Daripada macet-macetan, mending nunggu jalanan sepi sambil makan mie ayam. Ha..haha.. J)

Buncit Recommendation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar